Selasa, 14 Januari 2014

Ono Gaff, Seniman Nyentrik Pesulap Baja

Orang menganggap aneh karena saya berbicara dengan besi, tapi menurut saya itulah seni

Nyentrik. Ketika akan diwawancarai oleh Tim Komunitas, Ono Gaff sempat ganti kostum kebesarannya, Senin 5-12-13 (Comm/hfd)
Malang - Ono gaff atau pemilik nama asli Ono Sumarsono, merupakan seniman baja asal Malang. Ia dijuluki Man of Steel oleh harian Jakarta Post. Berbeda dengan seniman lainnya, pak ono lebih memilih baja sebagai alatnya berkreatifitas.  Sewaktu kecil ia tinggal dilingkungan yang penuh dengan barang-barang logam bekas, melihat hal tersebut ono berfikir untuk memanfaatkannya menjadi barang yang berharga. Akhirnya ia membuat sebuah miniatur laba-laba abstrak dari baja-baja yang ia kumpulkan.

Ia biasanya mencari besi-besi bekas di pasar loak. Ono mencari sedikit-sedikit, tidak pernah langsung memborong banyak. karena tidak asal besi bisa di pakai. Selain itu harga besi juga cukup mahal.

Optimus Prime. Salah satu karya Ono Gaff yang dipajang di Eco Green Park, Batu berupa miniatur Optimus Prime (tokoh transformer) yang terbuat dari kumpulan besi-besi bekas. (Comm/hfd)

Saat ini karya baja dari Ono Gaff sudah diakui oleh banyak orang, tak hanya di level nasional, karya seninya sudah sampai di level internasional. Karyanya banyak di pamerkan di ICC (International Culture Center) di Pandaan. Selain itu karya Ono Gaff juga banyak mejeng di areal wisata seperti yang ada di eco green park, selecta, jatim park, dan juga di beberapa kota lain.

Ono  Gaff juga terbuka untuk mengajari setiap orang untuk belajar seni kepada beliau. Ia sering memberikan seminar di berbagai tempat. Ono Gaff tidak menjadikan seni sebagai sumber penghasilan karena menurut beliau "Seni itu Untuk Seni, seni bukan untuk komersil".

Ono juga berujar kepada tim komunitas kalau orang kaya, kaya dengan hartanya, kalau ia kaya dengan ilmu. "Saya suka mengoleksi buku-buku, karena bagi saya buku layaknya uang, dengan buku kita bisa menguasai dunia", ujar Ono. (hfd)

Klik Disini Untuk Melihat Video Liputan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes