Rabu, 25 Desember 2013

Game Online, Sebuah Fenomena Baru di Era Modern (1)

Ilustrasi (Asyik Nge-game). Seorang pelajar tengah asyik bermain game di salah satu warnet di Kota Malang
(Comm/hfd)

Malang –Game online sebagai salah satu jenis hiburan terbaru, yang menyediakan fitur-fitur dengan jumlahnya sangat beragam, menimbulkan fenomena dan masalah terbaru bagi generasi saat ini. Disadari atau tidak, game online mengubah kehidupan manusia modern dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana menghibur dirinya sendiri.

Game adalah permainan. Kata game online berasal dari kata game dan online. Online adalah langsung dengan bantuan internet . Artinya, seorang pemain (player) akan bisa adu strategi dan ketrampilan dengan sejumlah pemain lain yang berada di belahan dunia yang lain.

Game online kian dinikmati oleh pemainnya, kesempurnaan teknologi grafis menjadikan daya pikatnya, memacu adrenalin para pemainnya. Suara tembakan, ledakan dan raungan pesawat, bagi para pemain, itulah musik yang mengiringi tarian jari-jari mereka di atas keyboard dan pandangan mata mereka di depan layar monitor atau laptop. Seperti yang diungkapkan oleh M. Fikri Fahmi Sulthoni (20), mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Malang ini mengaku tertarik dengan game online karena melihat dari tampilan grafisnya yang interaktif. “Lihat gambarnya itu kelihatannya seru, jadi saya putuskan untuk mencoba,” ungkapnya.

Sebagai sarana hiburan, pada dasarnya game online merupakan sarana hiburan yang harganya relatif terjangkau bagi semua kalangan. Hanya cukup bermodalkan enam ribu rupiah, para pemain dapat menikmati sarana ini selama 3 jam. Namun yang jadi masalah disini adalah ketika seorang pemain ingin mencapai level tertentu maka ia harus merogoh kocek lebih dalam untuk membuat karakter gamenya menjadi lebih hebat. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.

Semua Kalangan. Game Online merupakan permainan semua kalangan, dari yang dewasa sampai anak kecil.
Terlihat Bayu, sepulang sekolah ia selalu mampir ke warnet untuk nge-game. (Comm/hfd)


Berdasarkan data yang berhasil Tim Komunitas dapat di lapangan, pemain diharuskan membeli voucher yang harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu, jika ingin mencapai level selanjutnya. Seperti yang diungkapkan oleh Dwitya Binar Adityo (22), salah satu mahasiswa pergururuan tinggi negeri di Malang tersebut mengatakan bahwa ia harus mengeluarkan uang Rp 125.000,- agar dapat mengikuti sebuah battle. “Kalau di Point Blank (nama game .red) minimal harus punya voucher 125 kalau mau battle antar server,” ungkap pria yang akrab disapa Tyo tersebut. Lalu ketika ditanya oleh Tim Komunitas apakah uang tersebut mengurangi biaya hidup selama ia kuliah, Tyo menjawab dengan sedikit malu. “Kadang saya rela puasa selama seminggu, makan cuman sekali sehari,” jawabnya. Ia juga menambahkan bahwa bermain game online merupakan kepuasan tersendiri baginya. “Meskipun tidak makan sama sekalipun saya sudah cukup kenyang dengan main game, ibaratnya seperti perokok, cukup dengan seputung rokok saja sudah cukup,” ujarnya menambahkan.

Disisi lain ada yang mengatakan, game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Seperti yang diungkapkan oleh Eko (20), ia mengaku sudah sejak semester 2 bermain game online. Namun tidak seperti yang lainnya, ia bermain game online semata-semata hanya untuk mencari biaya tambahan selama ia kuliah. “Saya main hanya berorientasi pada bisnis, jadi tidak boleh sembarangan,” ujarnya

Dengan kelihaiannya bermain, ia sering mendapat tawaran dari pemain lain untuk membeli salah satu karakter game yang dimilikinya. “Sering teman-teman itu suka beli karakter yang saya punya,”ujar pria berpawakan gemuk tersebut. Mengenai keuntungan yang ia dapat tergantung dari karakter yang ia jual. “Tergantung mau seperti apa karakter yang ingin dibeli, harganya berkisar antara ratusan ribu sampai satu jutaan,” tambahnya. (hfd)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

apa si untungnya main game online? sma aja bikin masa depan bangsa ga maju.

Hafidz mengatakan...

Sebenarnya ada sisi positif dan negatifnya,asal dapat dimanfaatkan dan dikontrol dg baik
untuk itu diperlukan pengawasan kerabat keluarga (bagi anak kecil),

Mohon lain kali jika berkomentar tolong cantumkan namanya ya commers, agar kita bisa sama-sama membangun komunikasi yang baik (.red)

Petrik mengatakan...

Asiap
jaga kesehatan anda selalu dengan minum
Deejus Herbal menyediakan dan membuat bermacam resep herbal seperti sarang semut papua, prunes, bawang lanang, bee polen, cumalembaja, serta olahan madu untuk kesehatan Anda

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes